Pages

Minggu, 11 Maret 2012

MENGHILANGKAN RASA CEMAS YANG BERLEBIHAN

hmmm kalo disinggung soal rasa cemas berlebihan itu kayaknya gua banget deh (curhat) soalnya gue emang tipe orang yang takut tentang beberapa aktivitas yang akan gue lakuin nanti bahkan gue berpikir untuk beberapa kali dan mikirin apa dampak yang akan gua lakuin itu, agak aneh memang sih dengernya ya maklum gue ini emang bisa dibilang cewe yang aneh yang takut banyak hal yang sebenernya gua sering lakuin. ketika rasa cemas itu datang pada diri gue sendiri itu tuh kadang gua bengong sendiri, tangan keringetan, denyut jantung tidak stabil,suka mules, sama muke gue pucet seketika. awalnya gua cerita masalah ini ke nyokap dan akhirnya nyokap pun malah bawa gue ke dokter -_- ya awalnya sih gua juga bingung. Nah nyampe di dokter kata si dokter sih gua terlalu capek sama kena maag -_- itu adalah alasan yang ga masuk akal bagi diri gue sendiri karena kan yang ngerasain gejala-gejala itu gua bukan dokter woy -_- trus gue malah dikasih obat maag yang jumlahnya lumayan banyak dan saat itu gua cukup kesel sama nyokap! setelah gua cari beberapa informasi di internet terus gua baca-baca tu nah gejalanya emang gua banget! 
ternyata gue ini mempunya gejala cemas yang berlebihan atau sering disebut juga ANXIETY DISOREDER
buat yang belom tau nih gejalanya gua kasih tau informasi :

GEJALA UMUM GANGGUAN KECEMASAN

Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda terhadap stres tergantung pada kondisi masing-masing individu, beberapa simtom yang muncul tidaklah sama. Kadang beberapa diantara simtom tersebut tidak berpengaruh berat pada beberapa individu, lainnya sangat mengganggu.

1. Berdebar diiringi dengan detak jantung yang cepat


Kecemasan memicu otak untuk memproduksi adrenalin secara berlebihan pada pembuluh darah yang menyebabkan detak jantung semakin cepat dan memunculkan rasa berdebar. Namun dalam beberapa kasus yang ditemukan individu yang mengalami gangguan kecemasan kontinum detak jantung semakin lambat dibandingkan pada orang normal.

2. Rasa sakit atau nyeri pada dada


Kecemasan meningkatkan tekanan otot pada rongga dada. Beberapa individu dapat merasakan rasa sakit atau nyeri pada dada, kondisi ini sering diartikan sebagai tanda serangan jantung yang sebenarnya adalah bukan. Hal ini kadang menimbulkan rasa panik yang justru memperburuk kondisi sebelumnya.

3. Rasa sesak napas

Ketika rasa cemas muncul, syaraf-syaraf impuls bereaksi berlebihan yang menimbulkan sensasi dan sesak pernafasan, tarikan nafas menjadi pendek seperti kesulitan bernafas karena kehilangan udara.

4. Berkeringat secara berlebihan


Selama kecemasan muncul terjadi kenaikan suhu tubuh yang tinggi. Keringat yang muncul disebabkan otak mempersiapkan perencanaan fight or flight terhadap stressor

5. Gangguan tidur
6. Tubuh gemetar

Gemetar adalah hal yang dapat dialami oleh orang-orang yang normal pada situasi yang menakutkan atau membuatnya gugup, akan tetapi pada individu yang mengalami gangguan kecemasan rasa takut dan gugup tersebut terekspresikan secara berlebihan, rasa gemetar pada kaki, atau lengan maupun pada bagian anggota tubuh yang lain.

7. Tangan atau anggota tubuh menjadi dingin dan bekeringat

8. Kecemasan depresi memunculkan ide dan keinginan untuk bunuh diri

9. Gangguan kesehatan seperti sering merasakan sakit kepala (migrain).

dan .......

MENCEGAH KEMUNCULAN GANGGUAN KECEMASAN

1. Kontrol pernafasan yang baik

Rasa cemas membuat tingkat pernafasan semakin cepat, hal ini disebabkan otak "bekerja" memutuskan fight or flight ketika respon stres diterima oleh otak. Akibatnya suplai oksigen untuk jaringan tubuh semakin meningkat, ketidakseimbangan jumlah oksigen dan karbondiosida di dalam otak membuat tubuh gemetar, kesulitan bernafas, tubuh menjadi lemah dan gangguan visual. Ambil dalam-dalam sampai memenuhi paru-paru, lepaskan dengan perlahan-lahan akan membuat tubuh jadi nyaman, mengontrol pernafasan juga dapat menghindari srangan panik.

2. Melakukan relaksasi
Kecemasan meningkatkan tension otot, tubuh menjadi pegal terutama pada leher, kepala dan rasa nyeri pada dada. Cara yang dapat ditempuh dengan melakukan teknik relaksasi dengan cara duduk atau berbaring, lakukan teknik pernafasan, usahakanlah menemukan kenyamanan selama 30 menit.

3. Intervensi kognitif

Kecemasan timbul akibat ketidakberdayaan dalam menghadapi permasalahan, pikiran-pikiran negatif secara terus-menerus berkembang dalam pikiran. caranya adalah dengan melakukan intervensi pikiran negatif dengan pikiran positif, sugesti diri dengan hal yang positif, singkirkan pikiran-pikiran yang tidak realistik. Bila tubuh dan pikiran dapat merasakan kenyamanan maka pikiran-pikiran positif yang lebih konstruktif dapat meuncul. Ide-ide kreatif dapat dikembangkan dalam menyelesaikan permasalahan.

4. Pendekatan agama

Pendekatan agama akan memberikan rasa nyaman terhadap pikiran, kedekatan terhadap Tuhan dan doa-doa yang disampaikan akan memberikan harapan-harapan positif.

Dalam Islam, sholat dan metode zikir ditengah malam akan memberikan rasa nyaman dan rasa percaya diri lebih dalam menghadapi masalah. Rasa cemas akan turun. Tindakan bunuh diri dilarang dalam Islam, bila iman semakin kuat maka dorongan bunuh diri (tentamina Suicidum) pada simtom depresi akan hilang. Metode zikir (berupa Asmaul Husna) juga efektif menyembuhkan insomnia.

5. Pendekatan keluarga
Dukungan (supportif) keluarga efektif mengurangi kecemasan. Jangan ragu untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi bersama-sama anggota keluarga. Ceritakan masalah yang dihadapi secara tenang, katakan bahwa kondisi Anda saat ini sangat tidak menguntungkan dan membutuhkan dukungan anggota keluarga lainnya. Mereka akan berusaha bersama-sama Anda untuk memecahakan masalah Anda yang terbaik.

6. Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan. Olaharaga akan menyalurkan tumpukan stres secara positif. Lakukan olahraga yang tidak memberatkan, dan memberikan rasa nyaman kepada diri Anda

7. Berdoa 
berdoa adalah cara yang ampuh buat ngilangin rasa cemas itu lo coba deh nyebut nama allah kemana pun lo pergi insyaAllah perasaan itu akan hilang

8. baca doa nabi musa 
ada saran dari beberapa sumber baca doa nabi musa : "Rabbisyrohlii shodrii wayassirliiamrii wahlul uqdatan millisani yafqohu qauli"

mungkin itu saja yang bisa gue kasih tau info selengkapnya lo bisa buka link ini : http://www.psychologymania.com/2011/07/gangguan-kecemasan-anxiety-disorder.html

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar

Minggu, 11 Maret 2012

MENGHILANGKAN RASA CEMAS YANG BERLEBIHAN

Diposkan oleh RIZKA FITRIANA di 01.31
hmmm kalo disinggung soal rasa cemas berlebihan itu kayaknya gua banget deh (curhat) soalnya gue emang tipe orang yang takut tentang beberapa aktivitas yang akan gue lakuin nanti bahkan gue berpikir untuk beberapa kali dan mikirin apa dampak yang akan gua lakuin itu, agak aneh memang sih dengernya ya maklum gue ini emang bisa dibilang cewe yang aneh yang takut banyak hal yang sebenernya gua sering lakuin. ketika rasa cemas itu datang pada diri gue sendiri itu tuh kadang gua bengong sendiri, tangan keringetan, denyut jantung tidak stabil,suka mules, sama muke gue pucet seketika. awalnya gua cerita masalah ini ke nyokap dan akhirnya nyokap pun malah bawa gue ke dokter -_- ya awalnya sih gua juga bingung. Nah nyampe di dokter kata si dokter sih gua terlalu capek sama kena maag -_- itu adalah alasan yang ga masuk akal bagi diri gue sendiri karena kan yang ngerasain gejala-gejala itu gua bukan dokter woy -_- trus gue malah dikasih obat maag yang jumlahnya lumayan banyak dan saat itu gua cukup kesel sama nyokap! setelah gua cari beberapa informasi di internet terus gua baca-baca tu nah gejalanya emang gua banget! 
ternyata gue ini mempunya gejala cemas yang berlebihan atau sering disebut juga ANXIETY DISOREDER
buat yang belom tau nih gejalanya gua kasih tau informasi :

GEJALA UMUM GANGGUAN KECEMASAN

Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda terhadap stres tergantung pada kondisi masing-masing individu, beberapa simtom yang muncul tidaklah sama. Kadang beberapa diantara simtom tersebut tidak berpengaruh berat pada beberapa individu, lainnya sangat mengganggu.

1. Berdebar diiringi dengan detak jantung yang cepat


Kecemasan memicu otak untuk memproduksi adrenalin secara berlebihan pada pembuluh darah yang menyebabkan detak jantung semakin cepat dan memunculkan rasa berdebar. Namun dalam beberapa kasus yang ditemukan individu yang mengalami gangguan kecemasan kontinum detak jantung semakin lambat dibandingkan pada orang normal.

2. Rasa sakit atau nyeri pada dada


Kecemasan meningkatkan tekanan otot pada rongga dada. Beberapa individu dapat merasakan rasa sakit atau nyeri pada dada, kondisi ini sering diartikan sebagai tanda serangan jantung yang sebenarnya adalah bukan. Hal ini kadang menimbulkan rasa panik yang justru memperburuk kondisi sebelumnya.

3. Rasa sesak napas

Ketika rasa cemas muncul, syaraf-syaraf impuls bereaksi berlebihan yang menimbulkan sensasi dan sesak pernafasan, tarikan nafas menjadi pendek seperti kesulitan bernafas karena kehilangan udara.

4. Berkeringat secara berlebihan


Selama kecemasan muncul terjadi kenaikan suhu tubuh yang tinggi. Keringat yang muncul disebabkan otak mempersiapkan perencanaan fight or flight terhadap stressor

5. Gangguan tidur
6. Tubuh gemetar

Gemetar adalah hal yang dapat dialami oleh orang-orang yang normal pada situasi yang menakutkan atau membuatnya gugup, akan tetapi pada individu yang mengalami gangguan kecemasan rasa takut dan gugup tersebut terekspresikan secara berlebihan, rasa gemetar pada kaki, atau lengan maupun pada bagian anggota tubuh yang lain.

7. Tangan atau anggota tubuh menjadi dingin dan bekeringat

8. Kecemasan depresi memunculkan ide dan keinginan untuk bunuh diri

9. Gangguan kesehatan seperti sering merasakan sakit kepala (migrain).

dan .......

MENCEGAH KEMUNCULAN GANGGUAN KECEMASAN

1. Kontrol pernafasan yang baik

Rasa cemas membuat tingkat pernafasan semakin cepat, hal ini disebabkan otak "bekerja" memutuskan fight or flight ketika respon stres diterima oleh otak. Akibatnya suplai oksigen untuk jaringan tubuh semakin meningkat, ketidakseimbangan jumlah oksigen dan karbondiosida di dalam otak membuat tubuh gemetar, kesulitan bernafas, tubuh menjadi lemah dan gangguan visual. Ambil dalam-dalam sampai memenuhi paru-paru, lepaskan dengan perlahan-lahan akan membuat tubuh jadi nyaman, mengontrol pernafasan juga dapat menghindari srangan panik.

2. Melakukan relaksasi
Kecemasan meningkatkan tension otot, tubuh menjadi pegal terutama pada leher, kepala dan rasa nyeri pada dada. Cara yang dapat ditempuh dengan melakukan teknik relaksasi dengan cara duduk atau berbaring, lakukan teknik pernafasan, usahakanlah menemukan kenyamanan selama 30 menit.

3. Intervensi kognitif

Kecemasan timbul akibat ketidakberdayaan dalam menghadapi permasalahan, pikiran-pikiran negatif secara terus-menerus berkembang dalam pikiran. caranya adalah dengan melakukan intervensi pikiran negatif dengan pikiran positif, sugesti diri dengan hal yang positif, singkirkan pikiran-pikiran yang tidak realistik. Bila tubuh dan pikiran dapat merasakan kenyamanan maka pikiran-pikiran positif yang lebih konstruktif dapat meuncul. Ide-ide kreatif dapat dikembangkan dalam menyelesaikan permasalahan.

4. Pendekatan agama

Pendekatan agama akan memberikan rasa nyaman terhadap pikiran, kedekatan terhadap Tuhan dan doa-doa yang disampaikan akan memberikan harapan-harapan positif.

Dalam Islam, sholat dan metode zikir ditengah malam akan memberikan rasa nyaman dan rasa percaya diri lebih dalam menghadapi masalah. Rasa cemas akan turun. Tindakan bunuh diri dilarang dalam Islam, bila iman semakin kuat maka dorongan bunuh diri (tentamina Suicidum) pada simtom depresi akan hilang. Metode zikir (berupa Asmaul Husna) juga efektif menyembuhkan insomnia.

5. Pendekatan keluarga
Dukungan (supportif) keluarga efektif mengurangi kecemasan. Jangan ragu untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi bersama-sama anggota keluarga. Ceritakan masalah yang dihadapi secara tenang, katakan bahwa kondisi Anda saat ini sangat tidak menguntungkan dan membutuhkan dukungan anggota keluarga lainnya. Mereka akan berusaha bersama-sama Anda untuk memecahakan masalah Anda yang terbaik.

6. Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan. Olaharaga akan menyalurkan tumpukan stres secara positif. Lakukan olahraga yang tidak memberatkan, dan memberikan rasa nyaman kepada diri Anda

7. Berdoa 
berdoa adalah cara yang ampuh buat ngilangin rasa cemas itu lo coba deh nyebut nama allah kemana pun lo pergi insyaAllah perasaan itu akan hilang

8. baca doa nabi musa 
ada saran dari beberapa sumber baca doa nabi musa : "Rabbisyrohlii shodrii wayassirliiamrii wahlul uqdatan millisani yafqohu qauli"

mungkin itu saja yang bisa gue kasih tau info selengkapnya lo bisa buka link ini : http://www.psychologymania.com/2011/07/gangguan-kecemasan-anxiety-disorder.html

0 komentar on "MENGHILANGKAN RASA CEMAS YANG BERLEBIHAN"

Poskan Komentar